Strategi menciptakan musuh bersama

Strategi menciptakan musuh bersama
==============================

Sejak jaman dahulu kala, salah satu cari paling efektif untuk menyatukan massa adalah dengan menggunakan strategi untuk menciptakan musuh bersama.

Sebutlah ada admin salah satu group yang pernah mengeluarkan anda dari group tersebut. Anda tentunya sakit hati dikeluarkan dari group tanpa alasan yang jelas dan rasional, menurut anda. Salah satu cara paling mudah untuk membully admin group itu adalah membuat post tentang keburukan admin itu. Publik yang merasa terdholimi oleh admin itu pasti akan berkumpul dan sama2 membully. Ini salah satu contoh nyata dari strategi menciptakan musuh bersama.

Dalam dunia politik juga begitu. Sebutlah ada jargon2 tentang "Narkoba", "Korupsi", "Khilafah", "Anti Pancasila", "Anti Kebhinnekaan", "Kelompok Radikal" dan sejenisnya, itu semua juga bertujuan untuk mengumpulkan massa yang sepaham dengan kelompoknya, lepas dari apakah tujuan pembuatan jargon itu untuk kebaikan atau bukan.

Dalam ajaran agama, juga muncul strategi seperti itu. Sebutkan agama mana yang tidak menciptakan musuh bersama, baik itu yang bernama syaithon, iblis, enerji negatif, The Darkness, kemelekatan, atau apapun namanya. Anda harus diberi musuh bersama agar bisa menyatu, bahkan pada level keimanan anda.

Jika anda yakin bahwa Tuhan anda adalah yang Maha Hebat, apapun agama anda, seharusnya anda mempertanyakan mengapa blio tidak mampu meniadakan semua musuh bersama itu.

Benarkah semua itu hanya dalam rangka sebagai ujian? Benarkah anda yang tidak pernah ingin terlahir di muka bumi ini, tiba2 dilahirkan dan diberikan ujian? Untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, anda perlu mencapai tataran yang cukup tinggi pada pemahaman ketuhanan anda. Yang semacam ini bukan kelas obrolan pinggir jalan dan begitu mudah untuk dijabarkan.

Selamat berdialektika.


Comments:
Lena Amanda : Untungnya saya tidak percaya blio dari saya lahir
Thomas Winto : Tergantung pd personal dlm meyikapi kasus yg ada nda.
( hukum sebab akibat) jangan latah hrs mampu mengkondisikan kadus yg ada tuk di pahami nda.
Gerhardtop Yevun Siahaan : Kata kata yg bagus
Sagi Sosept : Kalau dari judul dan poin pertama menjelaskan tentang menciptakan musuh bersama. Sepertinya hal ini bisa berhasil dan sukses bila berangkat dari masalah yg sama. Misalkan sama2 kecewa, sama2 sakit hati, sama2 dendam, atau sama2 memiliki tujuan yg searah. Dan itu adl wajar karena mungkin bila hanya di lakukan person/individu dirasa kurang power. Maka dengan bersatunya kelompok/bersekutu mungkin bisa jauh lebih mudah untuk mengalahkan/menjatuhkan.
Ceng Mozak : jejak dulu inih mah.
Wahyu Effendi Segalanya : ikut minyak

0 Response to "Strategi menciptakan musuh bersama"

Post a Comment