Fenomena Baader-Meinhof (ilusi frekwensi)

Fenomena Baader-Meinhof (ilusi frekwensi)
====================================

Mari kita berandai-andai bahwa anda memiliki 500 juta rupiah yang siap untuk digunakan membeli mobil baru. Anda tidak pernah tahu mobil apa yang banyak dipakai orang. Anda juga tidak tertarik melihat iklan mobil yang bertebaran di media. Ketika ada beberapa orang yang menyebutkan merk tertentu untuk anda beli, anda mulai tertarik.

Setelah anda memiliki mobil itu, tiba-tiba terlihat bahwa mobil itu di mana-mana. Ada yang dimiliki oleh tetangga anda. Ada yang dimiliki oleh teman kantor anda. Anda melihat dua mobil yang sama di depan mobil anda dalam lalu lintas pulang dari kantor. Anda bahkan melihat iklan tentang mobil ini dimana2 selama menonton TV. Anda bersumpah bahwa mobil itu tiba2 muncul dimana2.

Apa sebetulnya yang telah terjadi di sini? Apakah mobil ini tiba2 muncul dari langit dan mendominasi kesadaran anda? Ataukah kesadaran anda yang sedang menipu anda?

Selamat datang di fenomena Baader-Meinhof, yang dikenal juga dengan nama ilusi frekuensi (frequency illusion) atau ilusi kebaruan (recency illusion). Fenomena ini terjadi ketika anda baru mengetahui tentang sesuatu, atau mengalami sesuatu, dimana kejadian itu tiba2 teramati muncul secara terus menerus. Ini membuat anda menjadi merasa ada sesuatu yang spesial telah terjadi pada anda. Anda tidak gila, anda melihatnya dan mengalaminya sendiri, tidak seperti yang dilihat oleh orang lain.

Beberapa hal terjadi ketika fenomena Baader-Meinhof muncul ke permukaan. Pikiran anda tampak senang dengan fakta bahwa anda telah belajar sesuatu yang baru, dan anda semakin memperhatikannya secara lebih selektif. Pikiran anda mengatakan, "Hey, itu luar biasa. Aku mendapatkan pengetahuan baru tanpa aku benar2 memikirkan hal itu". Apa yang anda lihat, maka anda akan menemukannya. Untuk membuat kesan semakin kuat, anda mengkonfirmasikan lagi pengetahuan itu pada satu atau dua kesempatan berikutnya. Dengan kata lain, anda mulai setuju dengan diri sendiri bahwa, yup, anda pasti telah melihat sesuatu yang berbeda dan tidak umum.

Fenomena psikologis yang disebut Baader-Meinhof ini adalah salah satu sumber penyebab terjadinya "false decisions or judgments", dimana kekeliruan penalaran ini bisa terjadi pada bermacam2 bidang seperti keimanan, delusi, politik, terorisme dan fanatisme.

Catatan:
Tulisan ini terinspirasi dari komen Reni Septiana Adhyatmo tentang "Baader-Meinhof Phenomenon" pada post Achill IsDead berjudul "JAM ACHILL"

Referensi:
http://science.howstuffworks.com/life/inside-the-mind/human-brain/baader-meinhof-phenomenon.htm/printable
https://www.damninteresting.com/the-baader-meinhof-phenomenon/
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_cognitive_biases#Frequency_illusion


Comments:
Aji Saputra : apa mirip fenomena jam di hp Achill IsDead
Aji Saputra : Ehh sudah ada catatannya ding..maklum ga pake kacamata :p
Lambang Mahardhika : Untuk orang2 yang merasa memiliki kelebihan tertentu, seperti misalnya bisa membaca isyarat bahwa akan terjadi sesuatu, atau merasa telah menjadi manusia pilihan yang sakti mandraguna karena bisa membaca sesuatu hal yang akan terjadi, silahkan baca post ini.

Ada kemungkinan mereka memang sakti beneran, tetapi ada kemungkinan juga bahwa mereka mengalami gangguan psikologis.

Untuk bisa mengamati hal2 yang supranatural secara lebih obyektif, dibutuhkan pengetahuan tentang scientific method, logical fallacy, dan berbagai pengetahuan tentang mental disorder dan psychological disorder.
La Nanita : Apakah ada kaitannya dengan parapsikologi atau bisa jadi berbeda?
Abu Wafa : apakah kebohongan yang diucapkan berkali-kali kemudian menjadi kebenaran, kasusnya seperti itu ya?
Achill IsDead : Se.bener.nya baader meinhof sangat mendekati sama "jam achill"

Beda.nya
Di "jam achill"
Otak memiliki tempo untuk melihat waktu

#skaliskalingelesaaahhh
:D

==== Sumber

0 Response to "Fenomena Baader-Meinhof (ilusi frekwensi)"

Post a Comment